Cara Membuat Puisi yang Baik dan Benar

Langkah menciptakan sebuah karya puisi:
1) Kreatif
2) tingkatkan kualitas puisi
3) Jadikan puisi lebih hidup

cara menulis puisi

1. Kreatif
A. Gali Ide Mulai dari Anda Sendiri
Menulis puisi sering kali tercipta dari sebaris atau dua baris bait tulisan acak dan kadang tidak begfitu jelas. Tetapi selanjutnya anda harus bisa mencoba menambahkan dengan menulis kata atau kalimat yang berhubungan dengan kalimat acak tadi, yang lebih membesarkan maknanya atau hiperbola.

- Kunjungi beberapa tempat yang indah di sekitar anda. Pemandangan alami mungkin dapat menginspirasi anda untuk menulis beberapa baris, meskipun mungkin tidak sempurna.
- Tuliskan apapun kata atau kalimatdan frase yang muncul dikepala saat anda memikirkan ide tersebut. Biarlah mengalir apa adanya, tulis kalimat apapun yang muncul spontan.
B. Membaca dan Mendengarkan
- Carilah lirik lagu favorit anda dan baca lirik teresebut layaknya puisi. Dengan begitu, anda akan mendapat banyak ide untuk menciptakan puisi karya sendiri.
- Banyak puisi-puisi yang bisa langsung anda dengarkan saat ini. anda bisa mencarinya di internet atau membeli CD Mp3 khusus puisi di toko-toko buku. Perhatikan dan coba dengarkan dengan serius dan fokus.
C. Tema yang Cocok Menurut Anda
Memilih tema puisi yang sesuai dengan keinginan dan hasrat anda tentu saja akan memudahkan dalam penulisan puisi itu sendiri.
Ketika menulis dengan keinginan dan hasrat anda, coba pikirkan kenapa anda memilihnya dan kira-kira siapa saja orang yang akan membaca bahkan mendengar puisi dengan tema yang anda pilih.
D. Sesuaikan Gaya Puisi dengan Subjek Anda
Puisi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
1. Puisi lama (puisi yang masih terikat dengan aturan-aturan), seperti jumlah kata, jumlah baris dan rima.
2. Puisi baru (bentuknya lebih bebas daripada puisi lama baik dalam segi jumlah baris, suku kata, maupun rima)

Dalam menyesuiakan gaya puisi yang ingin anda ciptakan saat ini, sebagai penulis/ penyair puisi pemula, abaikan dulu semua aturan dan gaya serta jenis-jenis puisi yang anda sudah pelajari diatas.
- Menulis gaya bebas sesuai yang diinginkan dan anda pikirkan.
- Bentuk puisi terbaik umumnya akan terwujud sendiri saat proses penulisan.
2. Tingkatkan Kualitas Puisi
A. Pilih Kata-Kata yang Tepat
- Lakukan pemisahan kata-kata yang dianggap kurang penting. Lalu ambil kata yang mengandung makna puisi lebih mendalam. Pilihlah kata tersebut dengan teliti. Perbedaan antara kata yang berbunyi sama atau sinonim dapat mengarah pada permainan kata yang lebih menarik.
- Gabungkan beberapa kata hasil seleksi tersebut. Gabungkan hingga menjadi kalimat yang sempurna. Pisahkan lagi kata yang tidak terpakai lalu tambahkan lagi kata-kata yang lain jika ada kalimat yang menurut anda kurang enak dibaca.
B. Gambar dan Deskripsi Sebagai Tambahan Kekuatan
Puisi yang berkualitas tidak hanya memberikan imajinasinya terhadap pembaca, namun dapat menyajikan lebih dari itu. Menggambar dengan lebih jelas merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Tunjukan kepada pembaca dan pendengar apa yang anda ingin sampaikan lewat puisi teresebut.

Perhatikan bait puisi berikut!

Ketika sinar mentari sepi dan mulai memudar
Saat isyaratmu, dedaunan..
Siang seperti hendak tenggelam
Wahai lembayung senja, apakah malam segera menjemput?

Kata "sepi dan kian memudar" memberikan kekuatan rasa sehingga menimbulkan reaksi bagi pembaca dan imajinasi tentang pengalaman yang pernah terjadi dalam hidup mereka. Mereka akan benar-benar merasakan saat matahari mulai tenggelam dan pesonanya yang begitu indah.
Hal abstrak sering kali menjadi senjata dalam menulis puisi. Perasaan cinta, dendam, kebencian. kebahagiaan dan keindahan merupakan hal abstrak yang selalu dimasukan dalam puisi.

Menambahkan keindahan abstrak dengan gambaran nyata pada puisi akan menjadi solusi mengenai hal ini sehingga akan memicu emosi pembaca.

Kata "dedaunan" akan memberi gambaran lebih nyata kepada pembaca. Anda juga dapat menambahkan kata yang lain seperti, bunga mawar, ikan hiu atau misalnya api yang berderak.
C. Berikan Pesan dan Kesan di Akhir Puisi
Kesan yang mendalam akan selalu diingat dan sesuatu yang dapat memicu reaksi emosional. Beri pembaca anda bahan pemikiran, sesuatu untuk direnungkan setelah membaca puisi anda.
3. Jadikan Puisi Lebih Hidup
Cara menulis puisi pada tahap akhir adalah bagaimana menjadikan puisi anda menjadi hidup. Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan:
A. Baca dan dengarkan puisi anda
Bacalah dengan lantang, layaknya seseorang sedang membaca puisi diatas panggung.
B. Perbaiki puisi anda
Hilangkan kata-kata yang tidak perlu dan gantilah dengan kata yang menurut anda lebih sesuai.
C. Coba bagikan puisi hasil karya anda
Cobalah minta beberapa teman atau keluarga untuk membaca puisi anda. Semakin banyak yang memberikan masukan, maka kesempatan untuk anda menjadi lebih cerdas dalam menulis puisi akan semakin terbuka dikemudian hari.

Tips Membuat Puisi
- Bersikaplah dewasa setiap anda mendapat kritikan. Berusahalah menerima dan menjadikan kritik sebagai jembatan menuju sesuatu yang lebih baik lagi.
- Dalam menulis puisi hendaknya anda dalam kondisi tenang pikiran dan hati. Kegundahan sering kali justru tidak akan bisa memberikan hasil yang baik.
- Ide-ide sering kali spontan datang justru di waktu yang tak terduga.

Komentar