Hari Puisi Dunia


Hasil gambar untuk hari puisi sedunia

“Puisi ialah sebuah jendela, membuatmu takjub terhadap keragaman kemanusiaan.” Kalimat itu disampaikan Direktur Jenderal Unesco, Irina Bokova untuk peringatan Hari Puisi Sedunia 2017. 21 Maret selalu diperingati sebagai Hari Puisi Dunia sejak ketetapan Unesco tahun 1999 di Paris, Perancis.

Gambar terkait

UNESCO itu sendiri adalah sebuah organisasi di tingkat dunia yang bergerak di bidang pendidikan, kebudayaan serta mendukung adanya perdamaian di dunia. Hingga saat ini, UNESCO mengungkapkan bahwa kebutuhan estetika merupakan kebutuhan manusia dan puisi dapat memenuhi kebutuhan ini.
UNESCO memiliki anggota 191 Negara. Organisasi ini bermarkas di Paris, Perancis, dengan 50 kantor wilayah serta beberapa lembaga.
Peringatan Hari Puisi Dunia pertama kali dirayakan pada tahun 2000. Tak hanya itu, dipilihnya tanggal 21 Maret yang disaat bersamaan juga dirayakan sebagai Hari Penghapusan Diskriminasi Ras dianggap sebagai ide yang baik.

Tujuan dari peringatan hari puisi sedunia, menurut PBB adalah untuk melestarikan tradisi puisi terutama yang berkembang dalam tradisi lisan. Selain itu juga untuk meningkatkan minat dan pengajaran puisi, untuk memperbaiki kolaborasi antara puisi dengan berbagai bentuk seni lain seperti teater, tarian, musik dan lukisan, serta untuk mendukung penerbitan-penerbitan puisi di berbagai media.
Lebih dari itu, tujuan utamanya tak lain agar puisi tidak dianggap sebagai bentuk seni yang usang, tapi masyarakat dapat merayakan kehadirannya dan menangkap pesan-pesan dari setiap puisi.

Berikut adalah vidio komunitas muda memperingati hari puisi se-dunia


Komentar